Penyakit KUlit

Tanda-tanda Kanker Kulit

Perubahan apapun yang terjadi pada kulit, baik bentuk, warna atau ukuran (seperti pada tahi lalat), perlu mendapat perhatian. Perubahan pada kulit bukannya tidak mungkin dapat merupakan suatu tanda adanya kanker kulit. Dan kadang saat kita menyadarinya, semuanya sudah terlambat. Kanker kulit yang ganas, seperti Melanoma Maligna, masih dapat disembuhkan jika kita cepat dan dini mengobatinya.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan mencegahnya. Seringnya mendapat paparan radiasi sinar ultraviolet akan membuat kita berisiko untuk menderita kanker kulit. Faktor risiko lainnya lainnya adalah riwayat kanker kulit dalam keluarga, mereka yang mempunyai banyak tahi lalat di tubuhnya dan mereka yang berkulit putih berisiko lebih tinggi dibanding yang berkulit lebih gelap.

Tanda-tanda yang harus diperhatikan dalam mencermati adanya kanker kulit antara lain:

  • Bentuk kelainan kulit seperti tahi lalat yang bentuknya tidak simetris atau yang tidak berbentuk dan mempunyai tepi yang tidak sama satu sama lainnya.
  • Tahi lalat yang mempunyai warna lebih dari satu warna. Tahi lalat biasanya mempunyai warna coklat gelap, bila terlihat mempunyai beberapa warna atau mempunyai warna merah, putih, hitam atau dadu, sebaiknya Anda lebih waspada.
  • Tepi tahi lalat yang tidak rata atau memudar warnanya.
  • Tahi lalat yang berdiameter lebih dari 6 mm, sebaiknya diperiksakan ke dokter.
  • Tahi lalat yang mengalami perubahan, baik dalam ukuran, warna, maupun bentuknya, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Demikian juga bila mengalami perubahan seperti terasa nyeri, mudah berdarah, meradang dan sebagainya.Bila Anda menemukan tanda-tanda seperti di atas, sebaiknya Anda cepat memeriksakannya ke dokter, untuk memastikan apakah perubahan yang terjadi itu merupakan suatu kanker kulit atau bukan.

Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker kulit ialah menghindari paparan yang lama dari sinar matahari. Dan sebaiknya gunakan juga tabir surya yang mengandung sekurangnya SPF 15. Tabir surya ini tidak dapat memberikan perlindungan menyeluruh pada kulit, hanya membantu kulit dapat bertahan lebih lama di bawah sinar matahari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: